Design Guidelines

ingin berbagi mengenai “Design Guidelines”, sy dpt dr @kafinnoeman, dia lbh bisa berbagi mngenai pemahaman, sy ingin cerita pengalaman saja.

1. Desain menjadi unsur penting dlm penyampaian nilai, dia bentuk dari suatu nilai. Bentuk yg tidak tepat, dpt diinterpretasi dgn nilai yg beda.

2. menurut saya, yang paling penting itu tepat, bukan baik, benar, atau salah. Karena semua bergantung target market.

3. Target market : yang kita sasar sebagai tujuan dari penyampaian nilai tersebut. Tepat, itu kunci terbesarnya. Perlu upaya mencari disana.

4. Dalam proses pembuatan EPIK, jujur, tim redaksi kerap mncri dan mnyelami. Mungkin it mengapa trjadi bbrp perubahan signifikan di tiap edisi.

5. Upaya pencarian bentuk yg tepat, bagi kami, yg tidak bljr dasar desain, prkara yg ckp sulit. Akhirnya, dapatlah istilah “Design Guidelines”

6. “Design Guidelines” adalah pemandu dari bentuk desain. Upaya pemanduan ini, bermula dr penelaahan kembali nilai-nilai yg ingin disampaikan.

7. Misalnya, kita ingin mengusung nilai “dinamis”, tentunya bentuk-bentuk “motion” pada desain diperlukan sebagai arahan desain.

8. Nah, nilai-nilai tersebut kemudian ditelaah, dan diinterpretasikan, dan disesuaikan bentuknya dengan target market yang kita tuju.

9. Dalam aplikasinya, “Design Guidelines” membentuk suatu batasan sebagai panduan, agar konsisten. Kekonsistenan akan berdampak pada…

10. Pada upaya penerimaan nilai bagi target market. Sehingga pesan/nilai kita semakin kongruen diterimanya oleh target market.

11. Selain itu, batasan tersebut akan memudahkan desainer pada proses mendesain akibat keterbatasannya. Kesesuaian dan konsisten dapat terjaga.

12. akhir kata, “Karena batas mencipta ruang, ruang untuk terbang” lebih lanjut, mungkin @kafinnoeman lebih bisa menyampaikan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s