Bandung "Tawuran"

1. Bandung tadi tawuran. Tapi saya ingin membahas “tawuran” yang lain. “Tawuran” yang terlihat ramah tp bakal mengganggu.

2. “Tawuran” yang saya maksud adalah perang iklan provider jaringan ponsel di tembok2 rumah privat.

3. “Tawuran” ini terlihat ramah pertama kali. Tapi bila dibiarkan, ini bisa amat merusak.

4. Apabila melintas melalui jembatan layang KirCon, akan terlihat seberapa hebat ‘tawuran’ iklan layanan jaringan ponsel ini.

5. Bandung barangkali benar-benar kota kreatif. Dibanding Jakarta, “tawuran” iklan tipe ini lebih marak di Bandung.

6. Selain di daerah KirCon. Di daerah jembatan Pasupati pun mulai terlihat wabah “tawuran” ini. Coba perhatikan dengan seksama.

7. Permasalahan utamanya adalah adanya perubahan dari yang privat menjadi publik.

8. Walaupun memang terkesan membenahi yang kumuh pada awalnya, namun bentuk privat menjadi publik itu titik masalah utamanya.

9.  Adanya pajak baligho atau reklame adalah ‘ongkos’ dari sesuatu yang privat menjadi publik. Logo2 restoran di jalanan itu ada pajaknya.

10. Ongkos tersebut adalah sebagai bentuk ‘nyuwun’ kepada khalayak publik, sehingga pd akhirnya ‘ongkos’ td dapat dikembalikan lg ke publik.

11.  Lantas bentuk “tawuran” yang tadi tentunya publik tidak dapat mendapatkan gantinya. Krn pihak pengiklan hanya membayar pada yg privat.

12.  Terjadi kerugian bagi publik disini. Tidak adanya ongkos bagi publik : pajak. Dan juga pengrusakan tata kota.

13.  Rusak, terang saja. Kota adalah kepunyaan publik. Apabila baligho (bentuk privat) memadati ruang publik. Lantas kota ini punya siapa?

14. Terjadi bnyk dilematis disini, adnya kepentingan privat yg memang perlu diwadahi, dan adanya kepentingan publik yg tak boleh diinjak.

15.  Dan ilmu marketing barangkali dapat menjawab tantangan itu. Saat membuat promosi, fokuskan pada target market.

16.  Memang seberapa berdampak sih, itu iklan segede-gede gaban. Orang pasar udah tau merk-merk kalian.

17. Jadi ruang publik harus dirawat. Untuk siapa? Untuk berjuta anak yang akan lahir kelak.

Terima kasih, barangkali berikut adalah salah satu apa yang saya lihat dari #sekeliling

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s