Apatah? (ketika tanya tanpa jawab)

“Bagiku Tuhan adalah gugusan bintang-bintang, yang jauh, namun selalu teduh.”

“Aku tak paham maksudmu. Bagiku Tuhan sesederhana sembahyang.”

“Apa kau tak merasakan keagungannya di antara pendar kerlip  kegelapan malam atau hangatnya mentari menyengat bumi?”

“Apa kau tak merasakan ketenangannya saat kau bersimpuh di hadap-Nya?”

“… Aku tak bisa”

“Aku pun begitu, tak bisa sepenuhnya memahami maksudmu.”

“Maksudku, kau cukup mengerdilkan pemahamanku akan batinku.”

Lantas apa yang kau perbuat atas diriku?

“Aku hanya mencoba memahami, kamu tahu? aku mencari sesuatu atas dirimu, diriku, dan …”

“Tuhanku? atau juga Tuhanmu?”

“Kamu tahu, siapa yang menjadikanmu ada?”

“Tuhanku. Bagimu?”

“Sama. Yang kamu maksud dengan Tuhanmu.”

“Apakah Tuhan bagimu?”

“Apatah Tuhan bagimu?”

Leave a Reply

